November 21, 2025

Dual Boom: Bagaimana Konsumen Mendorong Pertumbuhan MTO Bersama RTD

Konsumen saat ini telah disuguhi oleh beragam pilihan minuman. Mereka tidak hanya mencari sesuatu untuk melepas dahaga, tetapi juga menginginkan pengalaman yang lebih berharga dari minuman. Salah satu pilihan yang populer adalah minuman Made-to-Order (MTO), yang disiapkan hanya setelah konsumen memesan. Hal ini membuat minuman tersebut menarik karena minuman ini dapat disesuaikan dengan preferensi setiap konsumen. Sementara itu, ada minuman lain yang memiliki tujuan serupa tetapi disajikan dengan cara berbeda, yaitu minuman Ready-to-Drink (RTD), yang dikemas untuk langsung dikonsumsi tanpa memerlukan persiapan tambahan.

Lalu, apakah popularitas MTO menunjukkan bahwa konsumen kini lebih menyukai minuman tersebut, ataukah merupakan peralihan konsumen dari RTD, atau saat ini konsumen lebih terbuka untuk mencoba berbagai jenis minuman?

Dalam artikel ini, kami membahas terkait bagaimana perilaku konsumen terhadap MTO dan RTD. Kami akan melihat secara lebih mendalam apakah mereka cenderung memilih salah satu diantara keduanya atau mereka mengkonsumsi keduanya, serta alasan mereka terhadap pilihan mereka tersebut. Kajian ini menggabungkan hasil survei terhadap 100 responden serta data penjualan dari POS (Point of Sales).

Berdasarkan data transaksi, penjualan MTO saat ini menunjukan adanya pertumbuhan yang cukup signifikan, meningkat sebesar 57.8% dibandingkan dengan tahun lalu. Pertumbuhan ini diiringi dengan pertumbuhan konsumen yang meningkat pula sebesar 62.8%. Hal ini menjadi faktor utama dibalik peningkatan penjualan MTO.

Jika dilihat dari konsumen yang membeli MTO terhadap konsumsi RTD, 87.6% konsumen MTO dikategorikan sebagai konsumen dual, yang berarti mereka membeli MTO dan juga RTD.

Mereka mengkonsumsi MTO dan RTD untuk menghindari kebosanan, dipengaruhi oleh suasana hati dan situasi.

Pilihan minuman yang mereka pilih tidak eksklusif, melainkan saling melengkapi, didorong oleh kebutuhan, keadaan, dan keinginan untuk tetap merasakan kesegaran. Konsumen memilih MTO ketika mereka ingin mencoba kualitas yang lebih baik, melakukan kustomisasi dalam minuman, dan menikmati cita rasa alami. Apabila mereka menginginkan kepraktisan dan kesegaran yang cepat, mereka akan memilih RTD.

Apabila kita melihat terkait konsumen dual, baik mereka yang sudah menjadi konsumen dual sejak periode sebelumnya ataupun yang baru mulai menjadi konsumen dual pada periode ini, diketahui bahwa sekitar 74% konsumen baru mulai menjadi konsumen dual pada periode ini, sementara sisanya telah menjadi konsumen dual di antara RTD dan MTO sejak periode sebelumnya.

Jika kita melihat lebih jauh, sekitar 60% konsumen dual baru, mereka yang baru menjadi konsumen dual pada periode ini, sebelumnya hanya membeli Minuman RTD dan sekarang mereka mulai mencoba minuman MTO.

 

Konsumen dual baru, yang sebelumnya hanya mengonsumsi RTD, mulai mencoba MTO karena terasa lebih alami. Persepsi "lebih alami" mencerminkan pergeseran ke arah produk yang tampak diproses secara lebih sederhana, disiapkan secara langsung, dan tetap mendekati bahan aslinya.

Apabila dilihat lebih jauh untuk alokasi pengeluaran dari konsumen yang sudah menjadi konsumen dual sejak periode sebelumnya, mereka mulai meningkatkan pengeluaran untuk MTO dan mengurangi pengeluaran untuk RTD dibandingkan dengan periode sebelumnya. Konsumen berpendapat bahwa untuk MTO bisa dilakukan kustomisasi atau penyesuaian sehingga memungkinkan adanya kontrol terhadap gula dan pilihan  lain yang lebih sehat. Selain itu, keinginan untuk merasakan kesegaran tetap menjadi alasan utama mereka mengurangi pengeluaran untuk RTD dan meningkatkan pengeluaran untuk MTO. 

Perilaku konsumen MTO mencerminkan keinginan yang lebih luas akan variasi dan kebaruan antara MTO dan RTD. MTO menawarkan kesegaran dan kustomisasi, sementara RTD memberikan kemudahan dan akses cepat. Bergantian di antara keduanya membantu konsumen menyeimbangkan antara kegembiraan dan kepraktisan.

Suasana hati konsumen (hidangan segar vs. kemudahan) dan situasi mereka (waktu, suasana, aktivitas) membentuk pilihan yang mereka pilih. Hal ini menunjukkan bahwa kedua karakteristik tersebut melayani kebutuhan emosional dan fungsional yang berbeda, sehingga keduanya saling melengkapi, bukan bersaing.

Kami berharap data dan insight ini bermanfaat bagi Anda. Jika Anda ingin mengetahui performa produk Anda lebih dalam, kami siap membantu. Dengan lebih dari 22 juta member dan jutaan transaksi harian, kami dapat memberikan analisis mendalam tentang perilaku konsumen dan performa produk untuk mendukung keputusan bisnis Anda.

Hasil Besar. Investasi Kecil.

Siap ambil langkah pertama?